Kamis, 31 Januari 2013

Cara membuat Gantt Chart di Excel


Cara membuat Gantt Chart di Excel

Cara membuat Gantt Chart di Excel

Cara membuat Gantt Chart di Excel, Gantt chart adalah model tertentu dari bar chart yang menggambarkan ruang lingkup proyek. Gantt chart menunjukkan unsur-unsur proyek, seperti kerja tanggal mulai dan jumlah pekerjaan yang dilakukan pada tanggal saat ini.
Microsoft Office penggunanya pada umumnya menggunakan Excel ketika mau membuat sebuah grafik atau diagram. Tetapi Excel tidak menawarkan Gantt chart dalam jenis grafik standar. Namun, dengan sedikit tweaking Cara membuat Gantt Chart di Excel di Excel adalah mungkin.
Cara membuat Gantt Chart di Excel:

Cara membuat Gantt Chart di Excel

1. Open a new Excel worksheet, Pada cell B1, masukkan “Start Date” Dalam cell C1 masukkan “Completed.” Pada cell D1, masukkan “Remaining.” Ketik informasi yang Anda inginkan pada tabel Anda di bawah judul yang sesuai, menambahkan nama tugas ke kanan.

  1.                 
                         Cara membuat Gantt Chart di Excel

    2.   Cara membuat Gantt Chart di Excel langkah kedua : Gunakan mouse anda untuk memilih cell dengan mengklik cell pertama dan menyeret seluruh dari mereka. Jika Anda menggunakan Excel 2007, klik “Insert” tab dan pilih “Bar” dari kelompok “Chart”. Dalam Excel 2003 atau sebelumnya, klik “Chart Wizard”, yang pada toolbar Standar dan kemudian pilih “Bar.” Dalam setiap versi Excel, pilih “Stacked Bar” sebagai subtipe grafik dan klik “Finish.”


    3.   Cara membuat Gantt Chart di Excel langkah ketiga : Double-klik pada area berwarna di sisi kiri dari setiap bar. The “Format Data Series” kotak akan terbuka. Klik “Patterns” tab dan mengubah “Border” dan “Area” menjadi “None” Klik “OK” untuk menerapkan perubahan. Warna pertama di bar-bar akan hilang.


    4.   Cara membuat Gantt Chart di Excel langkah keempat : Double-klik “Category Axis” yang merupakan daerah di mana nama-nama tugas terdaftar. “Format Axis” kotak dialog akan terbuka. Klik “Scale” tab. Klik “Categories in Reverse Order” kotak centang. Klik pada tab “Font”. Ubah ukuran font ke “8″ dan klik “OK.” Grafik akan agak flip-menjatuhkan diri.

    5.   Cara membuat Gantt Chart di Excel langkah kelima : Double-klik “Value Axis” yang merupakan area putih di mana tanggal mulai ditampilkan. “Format Axis” dialog akan terbuka. Klik pada tab “Alignment” dan mengubah “Orientasi” sampai 45 derajat. Klik pada tab “Font”. Ubah ukuran font ke “8″ dan gaya untuk “Bold”. Klik “OK” untuk menerapkan perubahan ini dan melihat Gantt chart selesai.

    By: Erinna Darmayanti





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar