Minggu, 06 Januari 2013

Cara Membuat Permainan Puzzle di Microsoft Excel

Puzzle merupakan permainan menyusun potongan-potongan gambar menjadi sebuah gambar utuh. Permainan puzzle ini selain menyenangkan, juga bersifat edukatif. Dengan bermain puzzle dapat meningkatkan konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, melatih kesabaran, dan masih banyak manfaat lainnya.
Lalu bagaimana cara membuat permainan puzzle menggunakan Ms.Excel? Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1
Siapkan Gambar utuh yang akan dijadikan potongan-potongan gambar. Ukuran gambar secukupnya saja, karena semakin besar ukuran gambar, maka akan semakin banyak potongan gambarnya. Pada Tutorial kali ini ukuran gambar yang digunakan adalah 500px  x 400px.

Langkah 2
Pada lembar kerja excel, ubah background dengan menggunakan gambar yang sudah disiapkan tadi, dengan cara klik tab Page Layout -> Background.
 

Kemudian akan muncul dialog box untuk memilih file gambar yang akan digunakan sebagai background. Pilih lokasi dimana kita menyimpan gambar, klik file gambar -> Insert.

 

Maka gambar background akan memenuhi seluruh lembar kerja.


Langkah 3
Tentukan Jumlah potongan yang akan digunakan sebagai puzzle. Pada tutorial kali ini jumlah potongan yang akan digunakan adalah 4 x 4. Artinya kolom yang kita gunakan adalah 4 kolom dan baris yang kita gunakan adalah 4 baris.
Pada puzzle ini, kolom yang akan digunakan adalah kolom A-D, dan baris 1-4. Blok semua cell yang akan digunakan sebagai potongan puzzle, yaitu cel A1-A4, B1-B4,C1-C4 dan D1-D4, kemudian beri border.
Cara memberi bordernya adalah blok semua cell yang akan diberi border, klik tab home -> klik border -> pilih All Border.



Langkah 4
Atur lebar kolom A -  D sama besar. Karena lebar gambar tadi 500 px, maka masing-masing kolom diatur lebarnya 125 px.
Cara mengatur lebar kolom adalah  dengan mengklik nama kolom A sampai D, Kemudian arahkan mouse ke garis perbatasan antara kolom D dengan kolom E, klik mouse pada garis tersebut, tahan hingga muncul kotak keterangan width (lebar) kolom. Geser garis tersebut dengan tetap menahan klik mouse, hingga didapatkan ukuran lebar yang diinginkan, yaitu 125 pixel.



Lakukan hal yang sama dengan baris 1 – 4. Klik nomor baris 1 sampai 4. Kemudian klik garis perbatasan baris  4 dengan 5, tahan, kemudian atur tinggi baris. Karena ukuran tinggi gambar 400px, maka tinggi baris adalah 100px.

 

Berikut hasil pengaturan lebar dan tinggi cell :


Dari gambar di atas, didapatkan bawa cell yang kita gunakan adalah cell A1-A4, B1-B4, C1-C4, hingga D1-D4.
Buatlah daftar pertanyaan atau soal untuk masing-masing cell, yang jawabannya akan ditulis pemain di masing-masing cell, berdasarkan soal yang dibuat.
Berikut contoh pertanyaan yang akan dibuat :


Cell Soal Cell Soal
A1 20 x 50 C1 100/20
A2 Presiden pertama Indonesia C2 Ibukota Negara Jepang
A3 75 + 50 C3 7×7
A4 Hewan pemakan segala C4 Judul Film yang menjadi gambar latar
B1 40 x 30 D1 9 x 12
B2 Zat hijau daun D2 Ibukota Sumatera Selatan
B3 1+2+3+4+5+6+7+8+9+10 D3 75 / 5
B4 O2 D4 Penemu Bola Lampu

Langkah 6
Ubah warna latar lembar kerja menjadi warna lain, untuk menyembunyikan potongan gambar. Caranya klik kotak yang berada di samping kiri nama kolom A.


 




Dengan mengklik kotak tersebut, maka seluruh cell pada lembar kerja akan terblok. Kemudian ubah warna latar dengan cara klik tab home -> klik format -> pilih format cells.

 

 Kemudian akan muncul kotak dialog format cell. Pilih tab fill, dan pilih warna latar yang diinginkan, dengan mengklik salah satu warna yang tersedia.Pada puzzle ini, warna yang digunakan warna putih.


Berikut hasilnya


 Langkah 7
Setelah semua cell pada lembar kerja berubah menjadi warna sesuai yang dipilih tadi, kemudian ketik soal yang dibuat pada cell dibawah area puzzle.


Langkah 8
Kemudian pada samping kanan tulis keterangan seperti berikut :

 

 Atur sedemikian rupa agar terlihat rapi.

Langkah 9
Kemudian atur isian untuk masing-masing kotak sesuai dengan soal, agar jika jawaban ditulis dengan benar dikotak yang benar, gambar pada cell tersebut muncul.
Contohnya untuk cell A1, jawabannya adalah 1000. Maka blok cell A1, kemudian pada tab home -> klik Conditional Formatiing -> klik Highlight Cell Rules -> klik Equal To.


Langkah 10
Pada kotak Equal To, tulis jawabam pada kotak isian di kiri, kemudian klikkotak pilihan disebelah kanan, pilih Custom Format.


Langkah 11
Kemudian akan muncul kotak dialog format cell, pilih tab Fill -> pilih No color -> klik Ok -> kemudian klik ok lagi.

 
 Lakukan hal sama untuk semua kotak pada area puzzle.

 Langkah 12
Jangan lupa untuk menyimpan file puzzle ini dan simpan dengan nama sesuai keinginan, misalnya “puzlle game”.



nah sekian yaa..

semoga bermanfaat.,,

By Lily Eka















2 komentar: