Rabu, 16 Januari 2013

Fungsi Vlookup pada Ms Excel 2010

Jika kita mau untuk mencoba menggunakan MS Excel 2010 dengan kesungguhan, sebenarnya banyak sekali fungsi-fungsi yang dapat kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman dalam menggunakan salah satu fungsi Excel yaitu Vlookup. Fungsi utamanya adalah untuk menampilkan database pada Excel.



  • Pertama kita buat sebuah file excel dengan dua buah sheet. Sheet pertama kita beri nama “database” dan sheet kedua kita namakan “form”. Kemudian isikan data seperti pada gambar berikut:
  • Letakkan pointer pada sel C3 di sheet “form”. Klik Tab Data --> Data validation, sehingga muncul jendela berikut:
  • Pada tab "setting", pilih allow dengan "list". Isilah source dengan alamat database yang akan kita munculkan. Pada contoh ini isi dengan "=database!$A$2:$A$7", yang artinya terletak pada sheet database dari sel A2 sampai A7.
  • Pada tab "Input Message" isilah title dan input message sesuai dengan yang kita inginkan.
  • Pada tab "Error Alert" digunakan untuk menampilkan peringatan jika data yang kita masukkan tidak ada atau error.
Jika langkah di atas benar, maka jika kita klik pada sel C3 akan tampak sebagai berikut:

Untuk menampilkan data pada sel D3 kita bisa menggunakan fungsi vlookup. Letakkan pointer pada sel D3, kemudian klik tab Formulas --> Lookup & Reference --> Vlookup. Akan muncul jendela sebagai berikut:

  • Isilah "lookup_value" dengan C3, "table_array" dengan database!A1:A7, "col_index_num" dengan angka 2, dan "range_lookup" dengan FALSE. Untuk mengisi "table_array" dapat kita lakukan dengan memblog dengan pointer pada sheet database. Sedangkan angka 2 artinya data yang akan kita tampilan terletak pada kolom kedua.
  • Untuk menampilkan data pada sel E3 kurang lebih sama seperti contoh di atas hanya saja pada bagian "col_index_num" kita isi dengan angka 3 seperti gambar berikut:
  • Jika semua langkah sudah benar maka hasilnya seperti gambar berikut. Setiap kali mengubah NIS maka otomatis data di bawahnya juga berubah.
Semoga bermanfaat....

By Lily Eka











2 komentar:

  1. bagus blognya. buka juga blog saya di alifyasalsadila.blogspot.com, ilmunya sangat bermanfaaat

    BalasHapus
  2. bagus bermanfaat. tambah saya sebagai temanmu di alifyasalsadila.blogspot.com, trims

    BalasHapus