Kamis, 10 Januari 2013

Soal TIK Kelas VIII

 Perkiraan Soal TIK Kelas VIII

 By : May Heleen

A.pilihlah salah satu jawaban yang dianggap benar dengan memberi tanda silang pada salah satu jawaban dibawah!
1.dibawah ini adalah program aplikasi pengolah angka, yaitu:
a.microsoft word                    b.Microsoft Excel                                                           c.Microsoft Windows             d.Microsoft Power Point
2.Jumlah Kolom pada lembar kerja Microsoft Excel 2003 adalah,
a.526                                     b.562                                     c.256                                      d.652
3.Langkah mengaktifkan Microsoft excel adalah
a.klik star – Microsoft excel
b.klik star-all program-microsoft office-microsoft excel
c.klik star-program-microsoft office-microsoft excel
d.all program-microsoft excel
4.pengertian dari cell yaitu :
a.kolom              b.baris                                    c.pertemuan antara kolom dan baris  d.kumpulan dari beberapa kolom dan baris
5.jumlah baris pada lembar kerja Microsoft excel 2003 adalah
a.65536                 b.63655                                c.65336                 d.65635
6.dibawah ini menu bar yg terdapat pada jendela Microsoft excel 2003 kecuali
a.file, edit, vieu, insert   b.file,edit,format,tools           c.file,edit,data,windows,help            d.file,edit,table,format
7.dalam menu format yang berfungsi untuk merubah besarnya kolom adalah
a.row                                   b.column                             c.paragraf                            d.atleast
8.icon auto sum digunakan untuk
a.menampilkan hasil penjumlahan secara otomatis
b.menyisipkan fungsi dan rumus
c.menampilkan rumus terakhir yang digunakan
d.pengolahan data non numeric
9.langkah-langkah menutup lembar kerja Microsoft excel adalah
a.fili-new                         b.file-save                           c.file-paste                         d.file-close
10.dibawah ini merupakan sub menu format kecuali
a.print                              b.column                             c.row                                     d.cell
11.dalam menu format yg berfungsi untuk merubah tinggi baris adalah
a.row                                 b.column                             c.paragraph                        d.at least
12.tombol home pada keyboard digunakan untuk
a.pointer berpindah ke awal baris                            c.pointer berpindah ke akhir sebuah data
b.pointer berpindah keawal worksheet                 d.pointer berpindah ke bawah menuju akhir data
13.tombol enter pada keyboard digunakan untuk
a.membuka workbook                  b.berpindah kesel bawahnya               c.menghapus workbook               d.berpindah kesel atasnya
14.untuk menyimpan data yg sudah di ketik dapat memilih menu
a.file-save                    b.file-open                         c.file-save as                      d.file-copy
15.dibawah ini merupakan data numeric, kecuali
a.124                b.345                             c.678                                      d.12 januari 2012
16.perintah yang digunakan untuk memindahkan data adalah
a.file-copy            b.edit-cut-paste        c.file-new-paste            d.edit-new-copy
17.perintah yg digunakan untuk mengedit data melalui keybord adalah
a. F1                        b.F2                                c.F3                                    d.F4
18.untuk menentukan nilai terendah dari deret range C6 sampai C12 digunakan fungsi
a.=MAX(C6:C12)               B.=MIN(C6:C12)                               c.=SUM(A2:A5)                 d=AVARANGE(C6:C12)
19.Dibawah ini fungsi statistic, kecuali
a.SUM                           b.AVERAGE                        c.MIN                                    d.COPY
20.untuk menuliskan 3 kali 3 pada Microsoft excel adalah
a.3×3                             b.3*3                                     c.3+3                                     d.3^3
B. soal esay
1.jelaskan langkah-langkah membuka file pada program aplikasi Microsoft   excel 2003
2.jelaskan fungsi statistic count dan average pada Microsoft excel
3.sebutkan Sembilan menu bar yang terdapat pada lembar kerja Microsoft excel 2003
4.sebutkan dan jelaskan fungsi string pada Microsoft excel
5.jelaskan fungsi dari merge cell pada program Microsoft excel
Jawaban
1.klil menu file pilih sub menu open
2-count berfungsi untuk menghitung banyak data
-avarage berfungsi  untuk mencari rata-rata
3.file, edit,view,insert,format,tools,data,windows,help
4.a.left digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari suatu teks dimulai dari karakter sebelah kiri
b.right digunakan untuk mengambil sejumlah  dari suatu teks, dimulai dari karakter sebelah kanan
c,len digunakan untuk menghitung jumlah karakter dari suatu teks
5.marge cell berfungsi untuk menggabungkan beberapa cell

Membuat Aplikasi Dengan Ms Excel 2003

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik diplatform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, “do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi”.
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel adalah *.xls.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang terpercaya.
Microsoft Excel adalah program perhitungan yang sangat populer di Indonesia. Saat ini cukup banyak pengguna Microsoft Excel yang hanya menggunakan program ini untuk mengetik tabel, padahal di dalam Microsoft Excel tersedia banyak fasilitas untuk memaksimalkan pembuatan laporan dalam bentuk tabel dan memecahkan banyak perhitungan yang rumit. Berbagai perhitungan yang dengan cara biasa memerlukan uraian yang panjang, rumit, dan lama, dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat menggunakan salah satu fungsi dan menu di dalam Microsoft Excel. Misalnya, perhitungan lama dan biaya penyewaan, angsuran, gaji berdasarkan omzet penjualan, siklus akuntansi, dan berbagai perhitungan lainnya. Menggunakan menu pada Excel dapat menghasilkan prediksi laba kotor yang diinginkan, perhitungan penyewaan sederhana pada makro sampai pada pempublikasian pada halaman web. Buku ini merupakan panduan lanjutan dari buku 7 Jam Belajar Excel 2003 untuk Orang Awam, setiap pembahasan di dalam masing-masing subbab disertakan contoh aplikasi untuk memudahkan memahami penggunaan setiap fungsi Harapan penulis, buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Formula Bar adalah : tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell / cell addressnya.
Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+).
Name Box adalah : tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer.
Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh :
cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5
1.Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z, a-z, dan 0-9
2.Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
Pemakaian Fungsi pada MS Excel yaitu :
Operator Perhitungan MS Excel
Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat dilakukan dengan cara menuliskan alamat selnya bukan angkanya pada formula bar.
Contoh :
Penjumlahan : =A1+B1 atau +A1+B1.
Pengurangan : =A1-B1 atau +A1-B1.
Perkalian : =A1*B1 atau +A1*B1.
Pembagian : =A1/B1 atau +A1/B1.
Pangkat 2 : = A1^2 atau A1^2.
Max (Range) : mencari nilai terbesar dari suatu range.
Min (Range) : mencari nilai terkecil dari suatu range.
Sum (Range) : mencari jumlah dari isi data yang terdapat pada suatu range.
Average (Range) : mencari nilai rata-rata dari suatu range.
Count (Range) : mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range
Fungsi Kelompok Text yaitu :
Left : mengambil karakter yang ada di sebelah kiri dari satu kesatuan karakter. Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)
Right : mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter. Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)
Mid : mengambil karakter yang ada di tengah dari satu kesatuan karakter. Penulisan : =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)
Fungsi Kelompok Text yaitu :
Upper : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital. Contoh : =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA
Lower : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf kecil. Contoh : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya
Proper : mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil. Contoh : =PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum
Len : mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada argumen jumlah_karakter. Contoh : =UPPER(“Praktikum”) menghasilkan 9
Text : mengubah angka menjadi teks dengan jumlah desimal sesuai yang dinyatakan pada argumen format_teks. Penulisan : =TEXT(angka, format_teks) Contoh : =TEXT(100/4,“0.00”) menghasilkan 25.00
Dollar : mengubah angka menjadi teks mata uang dolar, disertai pembulatan dan jumlah desimal menurut argumen jumlah_desimal. Penulisan : =DOLLAR(angka, jumlah_desimal) Contoh : =DOLLAR(22/7,6) menghasilkan $3.142857. =DOLLAR(22/7,5) menghasilkan $3.14286.
Char : mengubah angka antara 1 sampai 255 menjadi karakter kode ASCII. Contoh : =CHAR(125) menghasilkan }.
Code : mengubah karakter pertama menjadi kode ASCII. Contoh : =CODE(“Infor”) menghasilkan 73. =CODE(“Ikan”) menghasilkan 73 juga
Fungsi Bantu Logika yaitu :
And (Logical 1,logical 2,…,logical 30) → menghasilkan argument true jika semua logika benar.
Or (Logical 1,logical 2,…,logical 30) → menghasilkan argument true jika salah satu logika benar.
Not (Logical) → menghasilkan kebalikan logika.
If (Logical Text, Value True, Value False) → menghasilkan argument dengan pemenuhan syarat yang telah ditentukan
Fungsi Absolut yaitu :
Fungsi penggunaan absolut ini adalah apabila kita tidak ingin referensi cell berubah saat suatu formula disalin, buatlah referensi cell absolut dengan mengetik tanda dillar ($) atau tekan F4 apabila pengetikan referensi cell yang anda ingin tidak berubah. Seperti formula =D4 berubah saat anda salin ke cell lain, tetapi $D$4 selalu merujuk pada cell yang sama.


Oleh : Budiarta

Berbagai Cara Menyalin Data dengan Ms Excel 2010


Salah satu hal mendasar dan paling sering dilakukan oleh pengguna Microsoft Excel 2010 adalah menyalin data atau isi dokumen.
1. Menggunakan tombol Copy dan Paste dari Ribbon.
Pilih data yang akan disalin (contohnya C2 hingga D4), kemudian klik tombol Copy yang ada di Tab Home. Klik pada sel tujuan (misalnya H2), kemudian klik tombol Paste yang berada di Tab Home.
 

 2. Menggunakan Contextual Click
Pilih data yang akan disalin (contohnya C2 hingga D4), klik kanan pada data yang terpilih dan klik Copy. Klik pada sel tujuan (misalnya H2), kemudian klik kanan pada sel tersebut dan pilih Paste.
 
 3. Menggunakan Geser dan Salin.
Pilih data yang akan disalin (contohnya C2 hingga D4). Posisikan kursor pada garis tebal data yang terpilih kemudian klik kanan dan geser hingga ke sel tujuan (misalnya H2). Pada saat klik kanan tersebut kita lepas, pilih Copy Here.
 

4. Menggunakan Shortcut Key
Pilih data yang akan disalin (contohnya C2 hingga D4), Tekan kombinasi tombol Ctrl+C pada keyboard untuk menyalin. Klik pada sel tujuan (misalnya H2), kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl+V untuk paste.
5. Menggunakan Ribbon Key
Pilih data yang akan disalin (contohnya C2 hingga D4), Tekan kombinasi tombol Alt+H+C pada keyboard untuk menyalin. Klik pada sel tujuan (misalnya H2), kemudian tekan kombinasi tombol Alt+H+V+P untuk paste.



 Oleh : Aldi Suarjaya











Sejarah Ms Excel

 By: Wahyuningsari

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

Rabu, 09 Januari 2013

Pengenalan Ms Excel

 
 
1.1 Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
  1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
  2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel
  3. Muncul gambar 1.1
 1.2  Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007

Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus  
mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel








Gambar 1.1
 

Tampilan di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan
 


 

 
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:
 

 1) Judul

Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja

yang aktif.


2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat 
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish  
dokumen.


 
3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)

Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses  
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.

4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.



5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal

Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.


1.3 Memulai Buat Dokumen

Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut contoh pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 1.2.




Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
# Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”           pada Cell aktif tersebut.
# Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan            dibawah ini:




# Buat data tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel           dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.
 

2. Penggunaan Cell
# Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1                      kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell  agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.




# Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol        Bold  atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline  atau italic .

3. Penggunaan AutoFill


Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.




Pada Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data tabel seperti pada Gambar 1.3.
 

Gambar 1.3.
4. Penggunaan format Tabel dan Cell
# Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi              border, warna border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti ini ,              kemudia akan muncul pilihan style format tabel seperti berikut ini.





Gambar 1.4
# Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 1.4. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara:
* Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell   A7 sampai F15, kemudian klik panah pada tombol  dan pilih All Border seperti pada tampilan   dibawah ini.


By : Sintya Dewi ^_^


































Selasa, 08 Januari 2013

Sort Keys Ms Excel


Sama seperti Ms Word , Ms Excel jg mempunyai sort keys.,
Ini adalah beberapa sort keys Ms Excel.

By Annisa Fitri


1Ctrl + AMemiilih / menyeleksi seluruh isi dari worksheet  (select all)
2Ctrl + BMembuat Bold area / sel yang diseleksi
3Ctrl + IMembuat  italic area / sel yang diseleksi
4Ctrl + KMenyisipkan link.
5Ctrl + UMembuat garis bawah  area / sel yang diseleksi
6Ctrl + PMenampilkan kotak dialog print untuk memulai mencetak.
7Ctrl + ZMembatalkan langkah/tindakan terakhir.
8F2Edit sel yang dipilih
9F5Menuju ke sel tertentu. Sebagai contoh, E7.
10Shift + F5Memunculkan kotak pencarian
11F7Memeriksa ejaan teks yang dipilih dan/ atau dokumen
12F11Membuat Chart
13Shift + F3Membuka jendela rumus Excel
14Ctrl + Shift + ;Memasukan waktu saat ini.
15Ctrl + ;Memasukan tanggal.
16Alt + Shift + F1Membuat Worksheet baru.
17Ctrl + 5membuat strikethrough sel /area yang dipilih
18Ctrl + F9Minimize jendela window
19Ctrl + F10Maximize jendela window
20Ctrl + F6Beralih di antara file excel yang sedang dibuka
21Ctrl + Page upMemilih  Sheet ke arah kiri
22Ctrl + Page downMemilih  Sheet ke arah kanan
23Ctrl + TabBeralih di antara Dua atau lebih file exel yang terbuka
24Alt + =Membuat rumus untuk jumlah semua sel di atas
25Ctrl + 'Memasukan nilai di atas ke dalam sel sel yang dipilih.
26Ctrl + Shift + !Format nomor dalam format koma.
27Ctrl + Shift + $Format angka dalam format mata uang.
28Ctrl + Shift + #Format nomor dalam format tanggal.
29Ctrl + Shift + %Format nomor dalam format persentase.
30Ctrl + Shift + ^Format nomor dalam format ilmiah.
31Ctrl + Shift + @Format nomor dalam format waktu.
32Ctrl + Arrow key  Pindah ke bagian berikut teks.
33Ctrl + SpacePilih seluruh kolom.
34Shift + SpacePilih seluruh baris.                 

Senin, 07 Januari 2013

Egg Easter di Ms Excel

Begini lho caranya:



Easter Egg pada MS Excel (Windows 95 OSR2/Win 97)
 

1. Jalankan MS Excell.
2. Buatlah sebuah lembar kerja baru.
3. Tekan F5.
4. Ketikkan X97:L97 lalu tekan Enter.
5. Tekan tab.
6. Sambil menekan tombol Ctrl dan Shift, kliklah tombol chart wizard yang terdapat pada toolbar. Easter Eggs Norton Utilities 8.0

1. Masuk ke salah satu aplikasi NU, seperti Speed Disk atau Disk Doctor.
2. Klik menu Help – About.

3.
Tekan dan tahan huruf N, U dan 8 secara bersama-sama.
4. Arahkan pointer mouse pada salah satu anggota team yg nampak.
5. Aktifkan Num Lock, Caps Lock and Scroll Lock. 



Easter Egg Excel 4.0 and 5.0
1. Buka MS Excel, tutup semua workbooks.
2. Dari menu File, pilih New.
3. Maximize jendela MS Excel, kemudian maximize jendela workbook.
4. Klik kanan pada background toolbar.
5. Pilih Customize.
6. Dari listbox Categories, pilih Custom.
7. Drag/seret icon Card ke workbook.
8. Pada dialog box yg muncul, pilih Cancel.
9. Klik Close.
10. Tekan Shift + Ctrl + klik kiri pada icon card deck yg terletak pada toolbar.




Easter Egg Excel 2002
  1. Jalankan MS Excel 2000 dan buat sebuah spreadsheet baru.
  2. Tekan tombol F5.
  3. Ketikkan X2000:L2000 pada bagian Reference dan klik OK.
  4. Tekan tombol tab, maka Anda akan berada pada cell M2000.
  5. Tekan tombol Ctrl + Shift dan klik pada icon Chart Wizard

Moga bermanfaat ^_^

By : May Heleen

Minggu, 06 Januari 2013

Cara Membuat Permainan Puzzle di Microsoft Excel

Puzzle merupakan permainan menyusun potongan-potongan gambar menjadi sebuah gambar utuh. Permainan puzzle ini selain menyenangkan, juga bersifat edukatif. Dengan bermain puzzle dapat meningkatkan konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, melatih kesabaran, dan masih banyak manfaat lainnya.
Lalu bagaimana cara membuat permainan puzzle menggunakan Ms.Excel? Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1
Siapkan Gambar utuh yang akan dijadikan potongan-potongan gambar. Ukuran gambar secukupnya saja, karena semakin besar ukuran gambar, maka akan semakin banyak potongan gambarnya. Pada Tutorial kali ini ukuran gambar yang digunakan adalah 500px  x 400px.

Langkah 2
Pada lembar kerja excel, ubah background dengan menggunakan gambar yang sudah disiapkan tadi, dengan cara klik tab Page Layout -> Background.
 

Kemudian akan muncul dialog box untuk memilih file gambar yang akan digunakan sebagai background. Pilih lokasi dimana kita menyimpan gambar, klik file gambar -> Insert.

 

Maka gambar background akan memenuhi seluruh lembar kerja.


Langkah 3
Tentukan Jumlah potongan yang akan digunakan sebagai puzzle. Pada tutorial kali ini jumlah potongan yang akan digunakan adalah 4 x 4. Artinya kolom yang kita gunakan adalah 4 kolom dan baris yang kita gunakan adalah 4 baris.
Pada puzzle ini, kolom yang akan digunakan adalah kolom A-D, dan baris 1-4. Blok semua cell yang akan digunakan sebagai potongan puzzle, yaitu cel A1-A4, B1-B4,C1-C4 dan D1-D4, kemudian beri border.
Cara memberi bordernya adalah blok semua cell yang akan diberi border, klik tab home -> klik border -> pilih All Border.



Langkah 4
Atur lebar kolom A -  D sama besar. Karena lebar gambar tadi 500 px, maka masing-masing kolom diatur lebarnya 125 px.
Cara mengatur lebar kolom adalah  dengan mengklik nama kolom A sampai D, Kemudian arahkan mouse ke garis perbatasan antara kolom D dengan kolom E, klik mouse pada garis tersebut, tahan hingga muncul kotak keterangan width (lebar) kolom. Geser garis tersebut dengan tetap menahan klik mouse, hingga didapatkan ukuran lebar yang diinginkan, yaitu 125 pixel.



Lakukan hal yang sama dengan baris 1 – 4. Klik nomor baris 1 sampai 4. Kemudian klik garis perbatasan baris  4 dengan 5, tahan, kemudian atur tinggi baris. Karena ukuran tinggi gambar 400px, maka tinggi baris adalah 100px.

 

Berikut hasil pengaturan lebar dan tinggi cell :


Dari gambar di atas, didapatkan bawa cell yang kita gunakan adalah cell A1-A4, B1-B4, C1-C4, hingga D1-D4.
Buatlah daftar pertanyaan atau soal untuk masing-masing cell, yang jawabannya akan ditulis pemain di masing-masing cell, berdasarkan soal yang dibuat.
Berikut contoh pertanyaan yang akan dibuat :


Cell Soal Cell Soal
A1 20 x 50 C1 100/20
A2 Presiden pertama Indonesia C2 Ibukota Negara Jepang
A3 75 + 50 C3 7×7
A4 Hewan pemakan segala C4 Judul Film yang menjadi gambar latar
B1 40 x 30 D1 9 x 12
B2 Zat hijau daun D2 Ibukota Sumatera Selatan
B3 1+2+3+4+5+6+7+8+9+10 D3 75 / 5
B4 O2 D4 Penemu Bola Lampu

Langkah 6
Ubah warna latar lembar kerja menjadi warna lain, untuk menyembunyikan potongan gambar. Caranya klik kotak yang berada di samping kiri nama kolom A.


 




Dengan mengklik kotak tersebut, maka seluruh cell pada lembar kerja akan terblok. Kemudian ubah warna latar dengan cara klik tab home -> klik format -> pilih format cells.

 

 Kemudian akan muncul kotak dialog format cell. Pilih tab fill, dan pilih warna latar yang diinginkan, dengan mengklik salah satu warna yang tersedia.Pada puzzle ini, warna yang digunakan warna putih.


Berikut hasilnya


 Langkah 7
Setelah semua cell pada lembar kerja berubah menjadi warna sesuai yang dipilih tadi, kemudian ketik soal yang dibuat pada cell dibawah area puzzle.


Langkah 8
Kemudian pada samping kanan tulis keterangan seperti berikut :

 

 Atur sedemikian rupa agar terlihat rapi.

Langkah 9
Kemudian atur isian untuk masing-masing kotak sesuai dengan soal, agar jika jawaban ditulis dengan benar dikotak yang benar, gambar pada cell tersebut muncul.
Contohnya untuk cell A1, jawabannya adalah 1000. Maka blok cell A1, kemudian pada tab home -> klik Conditional Formatiing -> klik Highlight Cell Rules -> klik Equal To.


Langkah 10
Pada kotak Equal To, tulis jawabam pada kotak isian di kiri, kemudian klikkotak pilihan disebelah kanan, pilih Custom Format.


Langkah 11
Kemudian akan muncul kotak dialog format cell, pilih tab Fill -> pilih No color -> klik Ok -> kemudian klik ok lagi.

 
 Lakukan hal sama untuk semua kotak pada area puzzle.

 Langkah 12
Jangan lupa untuk menyimpan file puzzle ini dan simpan dengan nama sesuai keinginan, misalnya “puzlle game”.



nah sekian yaa..

semoga bermanfaat.,,

By Lily Eka















Cara Membuat Data Base di Microsoft Excel

Jadi cara membuat database di Microsoft Excel....

Yah pertama off, ada satu aturan kita harus selalu mengikuti dan bahwa adalah salah satu worksheet excel per database. Lagi dan Anda hanya mendapatkan diri Anda ke banyak masalah. Bahkan jika Anda perlu memiliki beberapa database excel dalam buku kerja Anda hanya menempatkan setiap database ke excel worksheet terpisah.
Hal berikutnya yang Anda harus ikuti adalah bahwa database Anda daftar baris pertama harus berisi daftar judul. Itu adalah baris pertama berisi nama field Anda. Ditambah masing-masing nama field harus 100% unik. Anda tidak dapat memiliki dua nama field dengan nama yang sama atau lagi Anda akan memiliki daftar yang tidak akan bekerja.
Isu berikutnya Anda perlu khawatir dengan adalah mengidentifikasi nama field. Excel database memiliki aturan sederhana, nama field atau nama kolom harus unik. Sekarang cara Anda mengidentifikasi mereka adalah mudah, yang harus Anda lakukan adalah untuk memastikan nama field banyak data yang berbeda jenis, format, pola dll ke seluruh database dalam daftar Anda. Umumnya apa yang saya lakukan adalah untuk memformat nama field saya dalam huruf tebal untuk memenuhi persyaratan ini.
Salah satu aturan yang paling penting yang harus Anda ingat ketika Anda membuat database excel adalah bahwa sekitar baris dan kolom dari ladang dan data harus ada baris kosong dan kolom. Apakah ini berarti bahwa Anda masih dapat memiliki judul di bagian atas ladang, tapi harus ada baris kosong antara judul dan ladang serta sepanjang kolom terakhir juga. Aturan baris kosong juga berlaku untuk bagian bawah daftar juga.
Bila Anda memasukkan data ke dalam daftar Anda, setiap sel dalam mencatat setiap harus mengandung beberapa nilai bahkan jika itu hanya kosong (nilai kosong masih dianggap nilai) dan setiap record harus berisi nomor yang sama bidang. Jika tidak ada data spesifik untuk bidang Anda hanya biarkan kosong dan pindah ke kolom berikutnya.
Pastikan bahwa ketika Anda memasukkan data ke dalam bidang yang Anda tidak memiliki spasi sebelum teks atau pada akhir dari teks di lapangan. Jika Anda memiliki spasi, maka apa yang akan terjadi adalah bahwa pemilahan dan pencarian data dalam daftar akan dikompromikan dan Anda akan mendapatkan hasil yang tak terduga.
Huruf besar dan karakter rendah kasus di lapangan tidak mempengaruhi pencarian atau perintah semacam kecuali Anda secara khusus kirim aplikasi Microsoft Excel adalah sebuah isu. Anda juga dapat menggunakan rumus di sel jika diperlukan. Rumus dapat merujuk ke sel dalam Daftar database Excel atau luar Excel Database.
Perhatikan juga bahwa Anda dapat mengedit dan format sel seperti halnya spreadsheet lainnya namun masalah ini Anda harus mempertimbangkan sebagai prioritas adalah bahwa nama field harus memiliki format yang berbeda ke seluruh data dalam daftar database. Sangat direkomendasikan bahwa tidak ada format lain dalam daftar, kecuali untuk heading lapangan. Hal ini memastikan bahwa tidak ada kesalahan perhitungan oleh aplikasi seperti apa yang bidang menuju database excel dan apa yang tidak.
Sekarang bahwa Anda memiliki setup daftar Anda dengan cara ini mengikuti aturan-aturan, Anda sekarang telah siap untuk menginterogasi daftar tersebut dengan menerapkan kriteria. Cara termudah yang dapat Anda lakukan ini adalah dengan menggunakan Formulir kotak dialog. Untuk mendapatkan ke dalam bentuk database Excel Anda hanya memilih menu Data kemudian pilih Form dari menu drop down.
Dari Formulir database Excel Anda hanya dapat memilih tombol Kriteria, ketik kriteria yang Anda miliki untuk data Anda dan pilih tombol Find Next dan akan membawa Anda ke record pertama yang memenuhi kriteria yang Anda cari. Database Excel sangat berguna untuk data ringkasan yang mana volume catatan yang ada di database Anda tidak melebihi 65.536 baris.

By Erinna Darmayanti